Ide-ide Inovatif

Tahapan yang dapat dilakukan dalam peningkatan inovasi suatu kreatifitas Desain diantaranya adalah:
Ide-ide Inovatif
Study banding antar sektor untuk mendapatkan nilai-nilai yang belum terpenuhi seperti :
  1. Teknologi Desain (Software, Hardware)
  2. Kualitas Desain yang dibutuhkan Paसर
  3. Teknologi dan system produksi
  4. Regulasi
Ada beberapa contoh innovator yang melakukan desainya kurang memenuhi kriteria diatas seperti :
  • Walter Dorwin Teague, desinnya menonjolkan kemampuan memecahkan masalah teknis secara estetik, yaitu menyatukan bentuk agar lebih menarik dengan memusatkan mekasisme dan pengontrolan untuk lebih mudah dipakai.
  • Henrry Dreyfuss, lebih mengutamakan kerjasama dengan disiplin ilmu lain (interdisiplin).
  • Norman Bel Geddes, cenderung tidak memperdulikan permintaan umum dan batasan-batasan teknik produksi dan lebih menonjolkan proyeksi-proyeksi ke masa depan seperti keterpaduan bentuk streamlining.
Lakukan dengan bijak dalam berinovasi untuk mencapai tujauan, agar produk Desain memenuhi criteria :
  • Perlu
Apakah produk ini diperlukan oleh masyarakat, apa tidak redundancies atau berlebihan untuk diciptakan.
  • Mudah
Mudah dalam pembuatannya pada sektor kemapuan hardware, software dan manpower.
  • Murah
Memungkinkan meningkatnya quantitas produksi dan omset yang signifikan.
  • Dibutuhkan.
Cari tau dan penuhi keinginan pasar yang selalu selalu mencari barang yang dibutuhkannya.
Dari beberapa hal diatas terlepas dari kegiatan komersial dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya kecepatan dalam membaca situasi dan kondisi khususnya kebutuhan pasar, yang tidak kalah penting adalah kekayaan akan ide dan imajinasi untuk menciptakan suatu produk Desain.
Efektifitas dalam Desain disaat sekarang tidak terlepas dari suatu komponen software yaitu perangkat komputer, pemilihan software yang tepat akan membimbing kepada kecepatan mengimplementasian ide-ide inovasi yang akurat, up-to-date dan dirasakan relevan.
Recycle Design Innovations yaitu Desain tidak selalu diawali oleh permintaan pasar tetapi dimungkinkan muncul dari inovasi yang baru hasil dari penelitian dan pengembangan dari kebutuhan akan produk. Timbulnya ide atau gagasan baru biasanya diawali oleh adanya persoalan-persoalan penggunaan peralatan dan barang-barang di masyarakat, kemudian dilakukan penelitian, pengembangan, dan perancangan Desain. Selanjutnya produk dengan bentuk baru yang menonjolkan perubahan-perubahan dan keunggulan yang dimilikinya ini dipublikasikan kepada konsumen.
Jadi kreatifitas bukanlah suatu ide gila yang bebas dan lepas tanpa metode dan norma-norma tetapi harus tetap dapat ditempatkan sejajar dengan tradisi, lingkungan dan pendapat masyarakat sebagai konsumen atau pasar.

Pensinergian disetiap fungsi Desain-Produksi-Pasar
Sejalan dengan lingkungan hidup, Sustainable, Ecological, Universal, Culture.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INOVASI DESAIN